Kenapa memakai wordpress untuk membuat website
Kenapa memakai wordpress untuk membuat website

Kenapa memakai wordpress untuk membuat website

Website adalah salah satu sarana multifungsi yang sangat mudah untuk diakses semua orang. Tidak perlu platform atau aplikasi khusus untuk membuka website, semua yang terhubung dengan internet bisa membuka website. Tidak sama dengan instagram atau tweeter dan lainnya yang hanya bisa dibuka kalau sudah terdaftar atau melalui aplikasi khusus di snartphone, website terbuka dan bisa diakses dari mana saja.

Website bisa menjadi sarana untuk menulis, berkomunikasi, berjualan online, atau hanya sekedar hobby untuk berbagi sesuatu. Tetapi bagaimana cara membuat sebuah website, apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website. WordPress menyederhanakan tugas itu, sehingga penulis bisa lebih fokus untuk membuat konten, daripada harus sibuk dengan teknik membuat sebuah website.

Content Management System (CMS)

Untuk membuat website, ada banyak sekali cara, mulai dari yang gratis sampai berbayar, mulai dari yang gampang sampai yang sederhana. Salah satunya adalah wordpress, wordpress merupakan sebuah Content Management System (CMS) yang gratis dan simple.

CMS adalah sebuah software untuk menciptakan, mengatur, memodifikasi konten digital. Dengan memakai wordpress, membuat website menjadi lebih mudah dan cepat. Dengan bantuan WordPress, tanpa harus mengerti kode dan bahasa pemrograman, kita bisa membuat sebuah website dengan mudah.

CMS open sourcelain yang juga banyak dipakai adalah Joomla, Drupal, dan Shopify, tetapi kalau dilihat pemakaiannya, sangat jauh sekali di bawah WordPress. Statistik di bawah menunjukkan pemakaian wordpress dan CMS lainnya dari dari 2011 sampai sekarang.

Grafik pengguna WordPress dari 2011 sampai 2019
Grafik pengguna WordPress dari 2011 sampai 2019 (sumber: w3techs.com)

Dari grafik, jumlah pemakai wordpress terus meningkat dari waktu ke waktu. Sekarang ini jumlah pemakai wordpress sekitar 35% atau kurang lebih satu per tiga dari seluruh website yang ada di dunia, dan menunjukkan trend yang terus meningkat.

Persentase pengguna WordPress diantara CMS lainnya
Persentase pengguna WordPress diantara CMS lainnya

Kalau dilihat lagi berdasarkan pemakaian CMS, 61.8% CMS yang dipakai dari seluruh website adalah WordPress. Angka ini sepertinya masih akan terus berlanjut naik lagi, karena memang belum ada pesaing atau pesaing baru yang mendekati kepopuleran WordPress. Dan juga WordPress terus berinovasi dan mengembangkan fitur-fitur yang membuatnya lebih menarik dibandingkan CMS lainnya.

WordPress.com vs WordPress.org

WordPress adalah sebuah CMS, software yang kita install untuk membuat website. Yang akan banyak dibahas di situs ini adalah website yang kita miliki dan atur sendiri tanpa batasan, tanpa perlu mendaftar di kedua website ini pun tidak akan jadi masalah. WordPress.com dan WordPress.org keduanya merupakan website resmi WordPress.

WordPress.org berisi tentang dokumentasi, forum, dan support untuk hal-hal yang berhubungan dengan wordpress.
WordPress.com untuk membuat website gratis WordPress dengan keterbatasan ,seperti:

  • menggunakan subdomain wordpress (namakamu.wordpress.com, brandkamu.home.blog), yang artinya kita menumpang di bawah domain yang disediakan oleh wordpress.
  • tidak bisa menginstall theme dan plugin tambahan, tampilan dan fitur tidak bisa diubah.
  • tidak bisa dimonetize, tidak bisa pasang iklan, membuat online shop, dll.

Ada pilihan disini untuk mengupgrade website gratisan itu, untuk mendapatkan fitur WordPress sepenuhnya. WordPress.com juga menyediakan paket berbayar untuk hosting dan domain untuk fitur wordpress yang tidak terbatas.

Jadi untuk membuat sebuah website WordPress kamu sendiri (full control), tidak harus melalui dan mendaftar lewat website di atas.

Kelebihan WordPress

Website gratisan dari wordpress tidak mendapatkan kelebihan di bawah ini. Untuk mendapatkan sebuah website dengan wordpress yang kita manage dan atur sendiri, kita sebagai pemakai cukup menyiapkan domain dan hosting. Domain untuk nama website, hosting atau server sebagai media penyimpanan file-file website kita.
Di bawah ini beberapa keuntungan utama WordPress dibandingkan CMS lainnya.

1. CMS paling populer

Karena sangat banyak pemakainya, kita tidak kesulitan jika harus mencari tutorial dan bantuan jika mengalami masalah dengan WordPress. Ada banyak sekali tutorial, forum, grup WOrdpress yang bisa membantu jika ada masalah. Dokumentasi juga bisa kita cari dengan mudah, ditambah support plugin pendukung yang terus berkembang. CMS yang kurang populer bisanya memang karena kurang user friendly, keterbatasan support dan tutorial, dan plugin pendukung yang tidak komplit.

2. Mudah dipelajari

Jika dulu untuk membuat website sangat sulit, harus dengan kode-kode yang membingungkan, sekarang dengan WordPress semuanya dipermudah. Jika kita sudah mahir menggunakan komputer dengan Windows, maka hampir dipastikan kita juga bisa menggunakan WordPress. Kebanyakan hanya klak klik sana sini, tanpa perlu mengetik kode sebaris pun kita bisa membuat website dengan WordPress. Tentu saja semakin meningkat kompleksitas website yang diperlukan, semakin kompleks juga pengaturannya, tetapi semakin sering kita pakai atau lihat, semakin paham karena WordPress ini juga mudah untuk dipelajari.
Jika kita sudah mempunyai domain dan hosting atau VPS, untuk mensetup wordpress bisa dilakukan hanya dalam waktu 5 menit, dan website kita sudah bisa online dan diakses orang.

3. Mudah dipakai

Untuk membuat post, page, atau mengupluad gambar dan artikel bisa dilakukan dengan sangat mudah. Semua tombol sudah tersedia, dan WordPress juga tersedia dalam settingan berbahasa Indonesia. Mirip dengan handphone, bisa diatur agar menu berbahasa Indonesia, dan kita tinggal klik dan bernavigasi lewat klik menu saja. Eksport dan import konten, backup, migrasi tersedia, dan cukup mudah untuk dilakukan.
Seperti ganti HP dari android ke iOS, perlu sedikit waktu untuk adaptasi dengan WordPress, lalu segalanya akan terasa mudah.

4. Update keamanan dan sekuriti

Salah satu faktor yang paling penting ketika memiliki website adalah keamanan. Kita tidak mau jerih payah membangun website hilang seketika oleh orang atau bot yang iseng atau memang berniat jahat. WordPress selalu mengupdate hole/lubang/celah sekuriti yang bisa terjadi pada wordpress secara terus menerus. Dan semuanya itu bisa dilakukan cukup dengan sekali klik saja. Kita juga bisa mengatur supaya terupdate secara otomatis, sehingga kita tidak harus mengklik ketika ada update terbaru. Beberapa hosting juga menyediakan fitur update otomatis ini, tidak hanya untuk menjaga celah pada website kita, tetapi juga untuk kemanan servernya.
Tidak cukup hanya lewat corenya WordPress, ada banyak plugin tambahan yang bisa diinstal untuk meningkatkan keamanan website dan server untuk website kita, baik yang gratis atau yang berbayar.

SEO dipermudah dengan wordpress
SEO dipermudah dengan wordpress

5. Keuntungan SEO

Hampir semua website berlomba untuk mendapatkan banyak pengunjung dan muncul di halaman depan mesin pencari. SEO atau Search Engine Optimization adalah metoda untuk mengoptimalkan sebuah website agar mendapatkan peringkat yang bagus pada mesin pencari, terutama Google.
Ada banyak jenis metoda dan cara meningkatkan rating dan SEO sebuah website, salah satunya adalah melalui pengaturan di dalam website (on page) kita. WOrdpress memiliki fitur yang sangat bersahabat dengan SEO, beberapa di antaranya seperti:

  • mobile friendly: dapat diakses melalui smarphone, sekarang lebih dari 75% website diakses melalui smartphone.
  • kompatible dengan browser Chrome, Firefox, IE, Opera dan lainnya.
  • tampilan yang mendukung dan meningkatkan brand atau image website kita
  • URL yang terstruktur rapi dan rich snippet yang disukai google
  • mudah untuk mengoptimasi kecepatan website
  • tags, link internal atau eksternal, koneksi dengan media sosial
  • sitemap, robot.txt

6. Biaya murah

Software atau core Wordpres itu gratis, tidak berbayar dan akan selalu seperti itu, karena sifatnya open source yang didukung tidak hanya oleh developernya tetapi juga oleh penggunanya. Yang menjadi biaya ketika membuat wordpress adalah biaya domain dan hosting.

Harga domain sekitar 100 sampai 150 ribu setahun untuk domain .com, ada yang lebih murah dan ada yanglebih mahal juga, tergantung kepada ekstensinya. Untuk hosting harganya sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah pengunjung, yang termurah bisa dari ratusan ribu per tahun atau belasan ribu perbulan.

Biaya untuk theme dan plugin juga bisa muncul jika kita ingin membuat website yang unik. Ada banyak sekali theme dan plugin gratis yang tersedia, yang sudah cukup untuk membuat sebuah website yang menarik.

7. Plugin dan Theme

Theme pada wordpress itu seperti baju, sesuatu yang dipasangkan pada WOrdpress untuk tampilan dasarnya. Sedangkan WOrdpress plugin seperti aksesoris dan peralatan tambahan untuk menambah kemampuan wordpress. Tidak terhitung jumlah theme dan plugin yang mensupport dan bisa diinstall oada WordPress, sehingga bisa dikatakan kita bisa membuat website apa saja dengan wordpress. Mulai dari blog, e-commerce/online shop, directory website, berita, portofolio, CV, kursus online, forum komunitas, dan lainnya. Yang menjadi batasan wordpress sebenarnya adalah ide kita.
Flexibilitas dan kemampuan serba bisa dari WordPress ini yang sangat menonjol dibandingkan CMS lainnya. jarang sekali kita menemui website yang sama persis. Karena memang kita bisa mendesain sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Mulai dari pengaturan posisi, warna, bentuk, dan lainnya bisa diubah dengan mudah.

wordpress monitize dengan online marketing, blog ads, affiliate
wordpress monitize dengan online marketing, blog ads, affiliate

8. Monetize

WordPress juga memudahkan untuk mencari uang lewat website (catat: mencari, bukan mendapatkan). Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari uang lewat website Worpress, seperti: berjualan barang online, iklan, promosi, affiliate, pamer portofolio, menjual jasa, keanggotaaan berbayar, dan masih banyak lagi. Fleksibilitas wordpress bisa menangkap peluang usaha yang kita pikirkan.


Itu adalah beberapa alasan utama kenapa WordPress sangat disukai untuk membuat website. Tetapi bukan berarti wordpress juga tidak memiliki kekurangan. Mungkin kita pernah juga mendengar kalau WordPress itu lambat, tidak aman, mahal, dan sebagainya. Tetapi sebenarnya itu biasanya karena pengaturan dan manajemen WordPress yang salah atau kurang tepat. Memang karena pilihan yang sangat banyak, kadang menjadi membingungkan dan membuat konflik atau celah yang akibatnya sebuah website yang tidak optimal. Tetapi banyak dokumen, panduan, atau orang yang bisa mambantu kita untuk mengatasi masalah tersebut.