Yoast SEO Premium Panduan Optimasi (Update 2020)
Yoast SEO Premium Panduan Optimasi (Update 2020)

Yoast SEO Premium: Panduan Optimasi (Update 2020)

SEO merupakan teknik yang rumit karena banyak sekali faktor yang berperan di dalamnya. Salah satunya dengan on page SEO yang bisa dibantu dengan plugin dari dalam WordPress. Ada banyak plugin SEO lain di WordPress, seperti Yoast SEO Premium, All in One SEO Pack, WordPress SEO Plugin – Rank Math, Premium SEO Pack – WordPress Plugin.

Tetapi secara pengguna, mungkin Yoast SEO yang paling banyak, plugin ini dipakai lebih dari 5 juta pengguna WordPress, dan lebih dari 90% memberikan review bintang 5 untuk plugin ini. Dan saya juga termasuk salah satu diantara pengguna Yoast SEO plugin ini.

Di artikel ini, kita akan melihat bagaimana cara pengaturan Yoast SEO Premium dan gratis. Yoast SEO gratis sudah memberikan banyak sekali fitur yang akan kita bahas satu per satu. Dan kita juga akan melihat apa saja kelebihan pada Yoast SEO Preimum.

Cara menginstall plugin Yoast SEO

Masuk dari menu Plugin > Add New, dan ketik Yoast di kotak pencarian kanan atas. Klik Install now, dan activate untuk mengaktifkan plugin ini. Setelahnya akan muncul menu Y SEO di kiri dan atas dashboard.

Yoast SEO gratis
Yoast SEO gratis

Atau download zip filenya dari: https://wordpress.org/plugins/wordpress-seo/ dan upload ke WordPress.

Tidak disarankan untuk menginstall lebih dari satu plugin SEO pada sebuah website WordPress, karena akan muncul banyak fitur yang bentrok. Pilih salah satu yang dianggap terbaik, dan hapus (delete) plugin SEO lainnya. Untuk yang mau mengganti plugin SEO lain ke Yoast, bisa menggunakan fitur import untuk memasukkan pengaturan-pengaturan dari plugin SEO lama ke Yoast.

General

Kita akan melihat dan membahas menu dan fitur apa saja yang ada di Yoast. Sehingga kita bisa mengerti untuk pemakaian Yoast SEO Premium yang optimum tidak hanya pada page, post, produk, dan ketegori, tetapi juga pada struktur website.

Configuration Wizard

Ketika pertama kali menginstall Yoast, maka di dashboard akan muncul notifikasi untuk configuration wizard (First-time SEO configuration). Cara ini merupakan cara cepat untuk mengkonfigurasi website kita untuk pengaturan dasar SEO. Tetapi sebaiknya hindari cara ini, karena wizard ini tidak memberikan pilihan yang komplit, dan nantinya kita juga akan mengatur lebih banyak untuk memaksimalkan fitur dari Yoast ini.

Yoast Dashboard

Yoast Dashboard menampilkan pesan-pesan untuk masalah dan notifikiasi yang terjadi pada wordpress kita. Penting untuk melihat halaman ini, terutama untuk problem atau notifikasi yang muncul, sehingga kita bisa dengan cepat menyelesaikan masalah tersebut. Yoast juga biasanya memberikan link, dan keterangan sebagai panduan untuk memperbaiki masalah yang muncul.

General - Yoast SEO
General – Yoast SEO

Yoast Features

Disini kita bisa mengaktifkan atau mematikan fitur-fitur yang ada pada Yoast SEO Premium.

Fitur - Yoast SEO Premium
Fitur – Yoast SEO Premium
  • SEO analysis
    Ini adalah salah satu fitur utama Yoast, melakukan analisis SEO terhadap halaman atau artikel yang ada. Pastikan selalu on. Dengan Yoast SEO analysis, kita bisa mendapatkan masukan untuk : Outbound links, Internal links, Keyphrase length, Image alt attributes, Text length, dan lainnya. Hal-hal ini akan membantu membuat sebuah post atau artikel yang baik secara SEO dan terstruktur. Untuk pemakaian fitur ini, akan kita bahas lebih dalam lagi pada pengaturan Yoast di post
  • Readability analysis
    Fitur untuk menganalisa dan memberikan masukan pada stuktur dan gaya penulisan kita, termasuk paragraph yang terlalu pendek atau panjang. Walaupun secara native tidak mendukung bahasa Indonesia, tetapi cukup membantu untuk memeriksa pengulangan kata, subheading, atau skor Flesch Reading.
  • Cornerstone content
    Cornerstone konten adalah konten inti atau konten yang sangat bernilai pada website kita. Konten ini menjadi sangat penting, sehingga post-post lain akan banyak merujuk ke halaman ini.
    Jika kita memiliki banyak artikel dengan konten dan keyword yang mirip, kita perlu memberi tahu Google, konten mana yang paling penting, konten itulah yang akan kita sebut sebagai konten cornerstone. Contohnya, di website kita ada banyak post untuk panduan cara menginstall WordPress, tetapi kita juga membuat Panduan Terlengkap (Ultimate Guide) untuk Menginstall WordPress. Maka post itu bisa kita buat sebagai cornerstone yang akan menerima referensi dari post-post biasa lainnya. Cara ini agak berguna untuk mencari celah pada keyword-keyword yang sudah sangat ramai.
  • Text link counter
    Untuk menghitung jumlah link keluar (outbound) dan link internal yang ada pada post.
  • XML sitemaps
    XML sitemap adalah semacam peta yang menggambarkan struktur website, dan semua postingan yang ada di website kita. XML sitemap ini sangat berguna terutama untuk mesin pencari, tujuannya agar bot mesin pencari bisa mengerti postingan terbaru, postingan yang diupdate, dan menampilkannya di halaman pencarian.
    Secara default, Yoast akan membuat file xml, di: namadomain.com/sitemap_index.xml
    File ini nantinya bisa kita submit ke webmaster, sehingga webmaster bisa melihat perubahan atau penambahan konten baru di website kita secara komplit.
  • Ryte integration
    Fitur ini untuk mengintegrasikan website kita dengan Ryte. Ryte adalah partner dari Yoast yang bisa memeriksa apakah website kita bisa diindex atau tidak. Tidak bisa diindex artinya tidak bisa dibaca oleh bot Google. Yoast sendiri sebenarnya sudah punya fitur ini, saya ga mengerti kenapa harus ditambahkan Ryte integration lagi. Fitur ini selalu saya matikan, dan tidak ada pernah ada masalah dengan index.
  • Admin bar menu
    Untuk menampilkan menu yoast di bagian atas dashboard wordpress. Matikan saja kalau tidak mau ada double menu.
  • Security: no advanced settings for authors
    Jika website kita mempunyai user khusus dengan level Author, maka dengan menyalakan fitur ini, Author tidak akan memiliki metabox. Sehingga metabox hanya bisa diisi oleh editor atau administrator. Jika di off kan, maka author jika bisa mengisi dan mengedit metabox untuk semua halaman di website tersebut.

Yoast Webmaster Tools

Halaman ini untuk verifikasi ke webmaster, seperti Baidu, Bing, Google dan Yandex. Kita cukup memasukkan verifikasi kode dari webmaster itu di kotak yang tersedia, dan Yoast akan membuat meta tag yang sesuai pada wordpress kita agar terbaca oleh webmaster itu.

Webmaster Tools Yoast SEO
Webmaster Tools Yoast SEO

Verifikasi ini tujuannya agar webmaster mengerti kalau website itu benar kita miliki, sehingga kita bisa melihat data dan statistik dari webmaster, bisa submit xml sitemap, dan lainnya. Jika sudah melakukan verifikasi dengan cara lain, tidak perlu mengisi kode apa pun di kolom ini.

Search Appearance – Yoast SEO

Menu ini untuk pengaturan bagaimana website kita akan ditampilkan pada halaman mesin pencari atau SERP (Search Engine Result Page).

General

Disini akan ditampilkan metabox untuk homepage. Kita bisa mengedit metabox untuk homepage disini atau lewat halaman homepage itu sendiri. Jika kita tidak mempunyai page yang diset sebagai homepage, maka halaman muka website diedit disini. Tetapi jika kita sudah membuat dan memakai page halaman muka, maka pengeditan akan dilakukan pada halaman itu sendiri.

  • SEO title: untuk judul wordpress, secara default Yoast memberikan judul website kita sebagai “Site Title” “Page” “Separator” “Tagline”
    Datanya diambil dari apa yang kita isi di Settings > General, dan nama atau judul page itu. Kita bisa mengganti urutan, mengubah judul homepage sesuai keinginan kita. Kita juga bisa menabahkan snippet variable lain, atau menuliskan sendiri kalimat pada kotak ini. Cukup delete semua snippet variable yang ada, dan tuliskan judul yang baru. Tetapi lebih baik memakai snippet, karena kalau mau mengganti satu per satu akan repot, dengan memakai snippet, kita cukup mengganti dari satu tempat saja, dan akan dipakai pada seluruh halaman yang ada.
LabelVariable
Date%%date%%
Title%%title%%
Parent title%%parent_title%%
Archive title%%archive_title%%
Site title%%sitename%%
Tagline%%sitedesc%%
Excerpt%%excerpt%%
Excerpt only%%excerpt_only%%
Tag%%tag%%
Category%%category%%
Primary category%%primary_category%%
Category description%%category_description%%
Tag description%%tag_description%%
Term description%%term_description%%
Term title%%term_title%%
Search phrase%%searchphrase%%
Separator%%sep%%
Post type (singular)%%pt_single%%
Post type (plural)%%pt_plural%%
Modified%%modified%%
ID%%id%%
Name%%name%%
User description%%user_description%%
Page number%%page%%
Pagetotal%%pagetotal%%
Pagenumber%%pagenumber%%
Caption%%caption%%
Focus keyword%%focuskw%%
Term404%%term404%%
<custom-field-name> (custom field)%%cf_<custom-field-name>%%
<custom-tax-name> (custom taxonomy)%%ct_<custom-tax-name>%%
<custom-tax-name> description (custom taxonomy)%%ct_desc_<custom-tax-name>%%
  • Meta description: Keterangan dari halaman ini baik di mesin pencari atau ketika di share lewat aplikasi lain.
SEO Title dan Meta Description Yoast
SEO Title dan Meta Description Yoast
  • Knowledge Graph & Schema.org
    Kolom ini untuk rich snippet Schema.org dan struktur data pada mesin pencari.
    Pilih jenis website kamu, apakah untuk perseorangan atau organisasi, masukkan juga nama dan logo.
    Pilihan ini akan membuat website kita jika dimunculkan dalam rich snippet, atau tampilan di mesin pencari yang unik. Tidak semua rich snippet yang kita pasang dimunculkan oleh google di halaman pencari. Setidaknya kita sudah menyiapkan kalau sewaktu-waktu akan dimunculkan google.
    Rich snippet yang diberikan Yoast SEO Premium memang sangat dasar, untuk pengaturan rich snippet yang lebih kompleks, kita harus memakai plugin lain atau settingan tambahan.
Rich snippet organization
Rich snippet organization

Content Types

Lewat menu ini, kita akan mengatur metabox untuk semua jenis content yang ada. Untuk website baru biasanya hanya akan ada post dan page, untuk website yang menginstall woocommerce akan muncul product disini. Semua custom post seperti gallery, portofolio, team, dan lainnya juga bisa kita atur informasi metanya dari sini.

Yang kita atur disini akan berpengaruh ke semua jenis konten yang kita buat, jadi semacam template dasar saja. Karena nanti pada saat membuat post atau page baru, kita juga bisa mengubah meta informationnya lagi.

  • Show Posts in search results?
    Kalau kita pilih no, maka semua jenis konten itu tidak akan bisa di crawl oleh bot webmaster, sehingga tidak muncul di search engine.
  • Date in Snippet Preview
    Tanggal akan dimunculkan pada snippet website kita. Sebaiknya di hide saja, karena pada post lama akan terlihat jelas tanggal pembuatannya, dan sering malah menjadi kurang menarik di mesin pencari, karena postingan yang lebih baru biasanya lebih uptudate.
  • Yoast SEO Meta Box
    Show: agar dimunculkan pada semau post yang kita buat, sehingga kita bisa mengganti meta deskripsi dan kata kunci yang lebih cocok untuk setiap postingan.
  • SEO Title
    Atur dan edit struktur judul yang akan dipakai. tambahkan kata-kata sendiri kalau perlu. Tips: Untuk produk pada woocommerce, kita bisa menambahkan kata “jual” di depan SEO title atau “murah” di belakang judul. Sehingga, semua pada semua halaman produk kita, akan muncul snippet Jual “nama produk”, atau “nama produk” murah.
Hide dan show post di SERP
Hide dan show post di SERP

Media

Secara default pilihan dari Redirect attachment URLs to the attachment itself? adalah Yes, dan kalau tidak pindahkan ke Yes.

Pilihan ini untuk gambar, video, mp3, atau media lainnya yang kita masukkan ke dalam wordpress. Ketika kita mengupload gambar, maka WordPress akan membuat url sendiri untuk gambar tersebut. Kalau pada pilihan ini kita pilih atau pada posisi no, maka Google akan menambahkan gambar ini sebagai halaman baru pada mesin pencari, dengan judul dan meta deskripsinya sendiri.

URL untuk attachment gambar dan media lainnya hanya berisi gambar, tidak ada konten atau kata. Dan jika semua gambar kita menjadi halaman tersendiri di Google, maka akan banyak halaman dari website kita yang isinya sebenarnya kosong (tanpa konten), dan akan muncul banyak halaman untuk setiap gambar/media. Hal ini tentu saja buruk untuk SEO, karena yang lebih kita ingin munculkan di mesin pencari adalah konten dari artikel, bukan gambarnya saja.

Taxonomies

Mirip seperti pada pengaturan pada content type, tetapi disini yang diatur adalah untuk kategori, tags, dan lainnya. Tergantung pada theme, post, toko online, attribute produk, banyak taxonomies yang bisa muncul disini. Dan sebaiknya sembunyikan hal-hal yang tidak penting dari mesin pencari.

  • Categories
    Beberapa yang bisa tetap kita masukkan ke mesin pencari seperti categori post atau produk. Jika kita memasukkan kategori dalam mesin pencari, sebaiknya atur halaman dari categori agar memiliki tampilan yang cukup baik dan informatif. Theme-theme modern bisanaya menyediakan template yang bagus untuk menampilkan kategori post atau produk. Karena kalau orang masuk lewat link ini dari mesin pencari, dan dengan tampilan yang berantakan dan tidak informatif, kemungkinan besar orang akan langsung keluar.
    Dan sebaiknya ganti kata “archives”, karena kalimat ini tidak terlalu dimengerti oleh orang Indonesia, bisa diganti dengan arsip, kumpulan, artikel, atau kalimat yang lebih cocok lainnya.
  • Tags
    Off kan saja. Zaman tag bagus untuk SEO sudah lewat. Banyak orang yang memasukkan tags secara berlebihan pada post. Dulu mungkin bagus untuk kata kunci dan SEO, tetapi sekarang Google sudah lebih manusiawi. Google bisa mengindex satu per satu tags itu dan memunculkannya di search engine. Jika kita memasukkan banyak tag pada satu post, maka pastinya akan ada duplicate konten yang terjadi pada satu tag dengan tag yang lainnya. belum lagi landing page dari tag yang biasanya kurang begitu menarik, sehingga pengunjung menjadi bingung. Banyak juga orang yang ketika nama websitenya dicari di Google, peringkat tag lebih tinggi dari kontennya, sehingga kontennya malah tidak muncul di halaman pertama.
Sembunyikan tags agar tidak diindex
Sembunyikan tags agar tidak diindex
  • Product
    Jika kita mempunyai woocommerce, maka item attribut produk akan muncul juga disini, seperti shipping class, attribut dan lainnya. Jika kita memiliki terlalu banyak attribute (contohnya, warna barang: merah, kuning hijau, dst, kode barang: xxx,dst) maka sebaiknya di hide saja. Kecuali kita tidak memiliki banyak attribute dan semuanya terisi dengan baik dan teratur.

Untuk format lain yang tidak perlu, sebaiknya di hide saja.

Archives

Ini juga befungsi untuk menonindexkan halaman tertentu (author dan by date). Kita tidak mau ada halaman khusus di SERP hanya untuk archive post per bulan, atau per author/penulis. Hal ini juga bisa membuat duplicate content. Contohnya link dari archive tanggal akan memunculkan post A, B, C, D, dan posy dari penulis satu akan memunculkan post A, B, C, D. Tidak memberi nilai tambah untuk SEO.

Kecuali untuk website yang memang ingin menonjolkan penulisnya, pada kasus ini enable author, dan atur judul halaman untuk author/penulis dengan baik.

Untuk special page, tinggalkan apa adanya, atau atur dengan menggunakan kalimat yang lebih baik.

Breadcrumb

Breadcrumb adalah salah atu cara agar visitor bisa memahami struktur website kita lebih baik. Yoast SEO Premium sudah mendukung breadcrumb sehingga bisa ditampilkan dalam bentuk text navigasi, seperti: domain > blog > kategori > judul artikel, atau produk pada woocommerce.

Dengan begitu pengunjung bisa klik pada salah satu link dari breadcrumb untuk masuk ke menu lainnya. Jika kita enable, maka breadcrumb biasanya ditampilkan di bagian atas dari potingan (tergantung theme yang dipakai).

Google menampilkan breadcrumb pada halaman pencarian, posisinya ada di bagian bawah Judul. Secara default, Yoast akan membuat pilihan none untuk post. Bisa kita ganti dengan categori, tags atau format. Sebaiknya gunakan kategori, karena itu yang lebih mencerminkan struktur sebenarnya dari navigasi website kita. Atau none kan untuk tidak memunculkan informasi tambahan, karena beberapa orang tidak suka dengan tulisan yang terlalu panjang.

Page tidak memiliki breadcrumb, karena halaman page tidak memiliki kategori, sehingga tidak memerlukan navigasi tambahan dalam struktur permalinknya.

Lihat contoh di bawah untuk tampilan breadcrumb di mesin pencari dan di halaman artikel.

Contoh breadcrumb pada post dan search engine
Contoh breadcrumb pada post dan search engine

RSS feed settings

RSS Feed merupakan teknologi lama yang masih didukung oleh WordPress. RSS Feed ini seperti berlangganan/subscribe ke sebuah website. Ketika ada postingan baru, maka feed akan mucul. Biasanya dipakai untuk menampilkan postingan terbaru dari sebuah website, dengan cara menghubungkannya dengan RSS Feed website tersebut.

Tidak ada yang perlu diganti disini. Kalau kamu mengaktifkan RSS feed pada website kamu, untuk melihat halaman RSS feed pada wordpress kamu, tambahkan /feed/ dibelakang nama domainmu. Contohnya : www.wpidn/feed/

Search Console – Yoast SEO

Halaman ini sudah tidak bisa dipakai lagi, karena Google tidak mempunyai Crawl Errors API lagi.

Social

Untuk mengkonfigurasi media sosial dengan WordPress kita, baik untuk profile yang bisa dimunculkan di mesin pencari, atau tampilan ketika post/page kita disharing lewat media sosial.

Accounts

Organization social profiles: Masukkan media sosial yang kita miliki ke dalam kotak yang sesuai. Media sosial ini bisa ditampilkan pada rich snippet profile di mesin pencari, kalau website kita masuk dalam kriteria Google.

Facebook – Twitter – Pinterest

Pilihan ini untuk membuat tampilan ketika website kita disharing lewat facebook (instagram dan whatsapp) dan twitter. Pengaturan disini bisa dilakukan untuk halaman depan dan halaman artikel/produk.

Banyak theme yang sudah memiliki fitur ini, atau plugin lain yang memiliki fungsi sama. kalau ingin menampilkan settingan dari Yoast, maka enable pilihan disini.

Secara default, media sosial sudah cukup pintar untuk mengambil, logo, featured image, dan meta description dari page untuk ditampilkan ketika halaman depan ataupost kita dishare. Coba dulu, share sendiri lewat Whatsapp atau facebook, kalau hasilnya sudah oke, maka tidak perlu enable dan melakukan perubahan disini. Tetapi jika hasil share masih belum sesuai, maka ganti keterangan dan gambar sesuai dengan kemauan kita.
Untuk melihat hasil share kita pada facebook, bisa juga lewat tool ini: https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing/

Test untuk preview share website di media sosial
Test untuk preview share website di media sosial

Khusus untuk pinterest, kita bisa mengkalim website kita langsung ke Pinterest, tanpa perlu lewat Yoast. Link panduan untuk kalim website pada Pinterest: https://help.pinterest.com/en/business/article/claim-your-website

Pada versi gratis, kita tidak bisa melihat previewnya, hanya bisa didapat lewat Yoast SEO Premium.

Tools

Import and Export

Mirip seperti back up, kita bisa mengekport settingan Yoast kita dan mengimportnya kembali. Settingan dari website atau plugin SEO lain juga bisa kita import disini.

Export dan Import plugin SEO Yoast
Export dan Import plugin SEO Yoast

File editor

File editor ini untuk membuat robot.txt dan bisa juga dipakai untuk mengedit .htaccess (kalau ada).

Robot.txt adalah file yang pertama kali dilihat oleh bot webmaster ketika akan mengcrawl atau mengindex website kita. Robot crawl akan melihat apakah dia boleh masuk atau tidak, dan apa saja yang boleh diindexnya, berdasarkan informasi dari robot.txt ini.

Kita bisa mengizinkan bot crawl untuk masuk, untuk mengcrawl folder tertentu dengan robot.txt dengan menambahkan perintah-perintah khusus. Secara default, isi dari robot.txt adalah:

User-agent: *
Disallow: /wp-admin/
Allow: /wp-admin/admin-ajax.php
  • User-agent: * artinya semua robot crawl boleh masuk dan mengindex website kita
  • Disallow: /wp-admin/ artinya link yang memiliki /wp-admin/ di dalamnya tidak akan diindex, wp-admin pada wordpress dipakai pada url untuk login ke dalam website, jadi tidak perlu ditampilkan di mesin pencari.

Ada saatnya kita tidak mau website kita diindex untuk sementara, misalnya pada awal mula pembuatan website, atau ketika akan melakukan perubahan besar pada website kita. Sebaiknya menggunakan Search Engine Visibility yang bisa diakses dari Settings > Reading. Memblok search engine bot dengan robot.txt, biasanya agar bisa diindex lagi tidak bisa langsung setelah robot.txt diubah lagi, membutuhkan proses berhari-hari agar Google bisa mengindex halaman kita lagi.

Untuk parameter settingan URL yang kita disable atau hide di atas, tidak perlu dimasukkan disini, Yoast sudah mengaturnya secara otomastis. Untuk yang advance, kita bisa memasukkan parameter lainnya disini, referensi yang cukup bagus untuk pengaturan robot.txt bisa dibaca di : https://support.google.com/webmasters/answer/6062596?hl=en

Pada beberapa kejadian, robot.txt ini bisa hilang ketika berpindah hosting atau VPS, jadi periksa kembali dan buat yang baru kalau robot.txt kamu hilang setelah migrasi.

Bulk editor

Untuk mengedit meta data dari page, post dan produk secara massal. Kita tidak perlu masuk ke masing-masing post, semua bisa dilakukan dari satu halaman ini saja.

Text link counter

Fitur ini untuk melihat jumlah link masuk dan keluar dari post kita. Untuk melihatnya, masuk ke menu Posts > all post, dan disana akan ada tambahan kolom untuk jumlah link masuk dan link keluar untuk setiap artikel kita.

Link counter sengan Yoast SEO
Link counter sengan Yoast SEO

Settingan Yoast Pada Post/Artikel

Ketika membuat post, produk, page , custom post, kategori, tags, dengan plugin Yoast aktif, maka akan ada kotak tambahan di bagian bawah post kita. Disini kita bisa mengatur dan mengoptimalkan SEO untuk halaman atau artikel tersebut.

SEO

  • Focus keyphrase: gunakan long tail keyword Cara termudah adalah dengan mengetikkan kunci di google search box, dan lihat rekomendasi kata kunci yang paling sesuai dengan artikel ini.
  • SEO Title: akan mengikuti template yang kita buat di atas, kita bisa mengubahnya lagi disini, tetapi hanya untuk post yang sedang kita kerjakan saja. Banyak yang lebih suka menulis sendiri SEO title daripada menggunakan template standard, sehingga bisa memberi informasi tambahan yang berbeda dengan deskripsi dan breadcrumb.
  • slug: mengikuti default yang diberikan WordPress
  • Meta description: Tidak harus mengulang judul lagi, tetapi berikan penjelasan yang ringkas dan jelas, yang menarik pengunjung untuk melihat isi dari konten kita. Meta konten yang bagus menurut Yoast adalah diantara 120 sampai 156 karakter. Karena ketika muncul di SERP, Google tidak akan menampilkan seluruh meta description, tetapi hanya dalam 2 sampai 3 baris.
  • Snippet Preview: Contoh tampilan informasi untuk postingan kita pada halaman Google. Sejak Yoast versi 12, Yoast juga sudah bisa menampilkan preview jika artikel kita ditampilkan dengan featured image.

Yoast Analysis

SEO Analisis pada artikel WordPress
SEO Analisis pada artikel WordPress
  • Outbound links: Link keluar, usahakan link ke konten yang relevan dan website yang kredibel. Memberikan link keluar yang sesuai juga bisa meningkatkan rating artikel. Contohnya ketika kita membahas tentang cara pengobatan, memberi link keluar atau referensi ke website kesehatan/dokter/obat yang valid tentu akan memberikan nilai tambah, daripada tidak memberikan link keluar atau referensi sama sekali.
  • Internal links: Link ke post atau page lain di website kamu. Agar webmaster juga mengerti keterkaitan antara artikel, sehingga lebih memahami struktur dan niche atau tujuan dari website kita.
  • Keyphrase in introduction: kata kunci di paragraf pertama. Yoast menyarankan untuk menempatkan kata kunci di awal artikel, terutama di paragraf pertama artikel.
  • Keyphrase length: Yoast menyarankan kata kunci antara 2 sampai 4 kata. Tidak terlalu pendek, tetapi tidak terlalu panajng juga.
  • Keyphrase density: Kepadatan kata kunci pada artikel, jangan sampai mengulang kata kunci terlalu banyak,atau malah tidak ada menulis kata kunci pada artikel. Yoast akan menghitung jumlah seluruh kata yang ada, dan memberikan pori jumlah kata kunci yang sesuai. Yoast akan meminta lebih banyak kata kunci untuk artikel yang lebih panjang.
  • Keyphrase in meta description: membuat kata kunci ada di meta deskripsi.
  • Meta description length: panjang meta deskripsi (antara 120 sampai 156 karakter)
  • Previously used keyphrase: pengulangan keyword, lebih untuk memberi informasi jika ada duplikat keyword pada post lain.
  • Image alt attributes: menambahkan keterangan pada gambar atau media lainnya.
  • Text length: Yoast menyarankan minimal artikel memiliki 300 kata.
  • Keyphrase in title: penempatan kata kunci pada judul artikel.
  • SEO title width: panjang judul snippet artikel yang ditampilan di mesin pencari. Google bisa menampilkan sekitar 50-60 karakter.
  • Keyphrase in slug: kata kunci pada slug.

Readibility

Fitur readibility atau keterbacaan ini lebih optimal untuk artikel yang berbahasa Inggris, atau bahasa yang sudah disupport oleh plugin Yoast SEO Premium. Dan bahasa Indonesia belum ada di antaranya. Tetapi kita bisa melihat beberapa rekomendasi yang tidak terkait dengan penggunaan bahasa. Ada pun analisis konten berdasarkan kemudahan dibaca adalah:

Readability pada Yoast SEO WordPress
Readability pada Yoast SEO WordPress
  • Flesch Reading Ease: “The Flesch–Kincaid” (F–K) adalah metode untuk menganalisa seberapa sulit untuk memahami sebuah artikel. Semakin tinggi skornya semakin mudah artikel itu untuk dipahami.
    Menggunakan kalimat yang lebih pendek akan membuat skor baik, dari pada kalimat panjang dengan banyak koma atau terlalu banyak kata. Untuk artikel bahasa Inggris, menggunakan kalimat yang lebih sederhana juga akan membuat skor yang lebih bagus.
  • Consecutive sentences: Pengulangan kata pada kalimat. Sebaiknya menggunakan sinonim atau kalimat yang berbeda/bervariasi daripada pengulangan kata.
  • Subheading distribution: Pemakaian suhheading, untuk membagi paragraph lebih teratur dan tidak terlalu panjang atau tidak terlalu pendek.
  • Transition words: Penggunaan kalimat transisi, seperti karena, maka, selanjutnya, dll.
  • Passive voice: Kalimat pasiv lebih baik untuk sebuah artikel daripada kalimat aktif. Kalimat pasif merupakan kalimat yang subjeknya sebelum predikat. Kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai suatu perbuatan atau aktivitas.
  • Paragraph length: Yoast akan memberi peringatan untuk paragraph yang terlalu panjang atau terlalu pendek
  • Sentence length: Panjang pendeknya sebuah kalimat.

Social

Menu ini untuk memberikan judul, deskripsi dan gambar ketika post kita disharing ke facebook atau twitter. Seperti yang sudah dibahas di atas, social media sudah cukup pintar untuk mendapatkan featured image, meta description dari post kita. Tetapi kalau bermasalah, bisa ditambahkan lewat menu ini. Atau kita ingin memberikan judul, deskripsi dan gambar yang berbeda dari yang muncul di Google, juga bisa dilakukan lewat menu ini.

Setiap post, page, kategori, produk, tag, cutom post dan taxonomi lainnya juga mempunyai meta SEO dari Yoast. Kita bisa mengisi untuk memaksimalkan fungsi dari Yoast.

Untuk mendapatkan skor 100 atau lampu hijau semua dari indikator Yoast bisa dilakukan. Tetapi jangan sampai demi mengejar hijau, dengan menurunkan kualitas konten. Penempatan kata kunci , panjang pendek dan pengulangan kata juga penting, tetapi kadang demi mendapatkan indikator hijau semua, malah bisa membuat konten seperti tidak natural ketika dibaca. Yoast menggunakan logika SEO yang tidak selalu cocok dengan isi konten. Pastikan selalu isi dari konten menarik untuk dibaca dan informatif oleh pengunjung, daripada sekedar mengejar skor yang baik.

Yoast SEO Premium

Apa sih yang didapat dari Yoast Premium? Sebelum kita lihat fitur Yoast Premium, kita lihat dulu harga Yoast per tahunnya.

WebsiteHarga/Tahun
1 $    89.0
2 $    169.1
3 $    253.6
4 $    338.2
5 $    400.5
10 $    756.5

Untuk satu site $89 per tahun atau sekitar $7.5 (100 ribu) per bulan. Yoast hanya menawarkan lewat website resminya, jadi kalau ada yang menawarkan dengan harga yang lebih rendah, maka bisa dipastikan tidak valid atau ilegal.
Dengan Yoast Premium, kita akan mendapatkan:

Yoast SEO Premium
Yoast SEO Premium
  • Redirect Manager
    Fungsi plugin ini untuk meridirect halaman yang hilang, terhapus, atau berubah struktur URL (permalink) ke URL baru. Redirect ini untuk menghindari munculnya error 404 pada website kita. Tidak hanya buruk untuk SEO, tetapi juga buruk untuk visitor yang datang. Khusus untuk redirect, banyak plugin gratis yang bisa menjalankan fungsi yang mirip.
  • Synonim & related keyphrases
    Fitur ini memang sangat menggoda. Kita bisa memasukkan lebih dari satu kata kunci pada artikel kita, dan setiap kata kunci bisa ditambahkan synonim (kata yang memiliki persamaan arti) dari kata kunci tersebut.
    Untuk keyphrase atau keyword artikel, kita bisa membuat sampai 5 kata kunci, dengan tombol add keyphrase. Sedangkan untuk sinonim tidak ada batasan, tetapi masukkan sinonim secukupnya saja.
  • Social Preview
    Pada Yoast SEO Premium, kita bisa melihat hasil akhir (preview) atas apa yang akan dishare. Pada versi gratis menu social ada, tetapi tidak bisa menampilkan previewnya. Ada banyak tool lain sebenarnya untuk menlihat hasilnya. Cara paling mudah adalah kita coba share sendiri link untuk post yang kita buat.
  • Premium support
    Dengan menjadi anggota Premim, kita bisa mendapatkan support 24×7 yang langsung ditangani secara personal oleh kru Yoast. Untuk versi gratis, kita hanya bisa berkonsultasi dengan Yoast dari halaman support plugin di WordPress, yang kadang memang tidak selalu diberikan jawaban yang detail.

Kalau ditimbang, kelihatannya hanya fitur Synonim & related keyphrases saja yang benar-benar sulit untuk dilakukan sendiri. Dan menambahkan kata kunci lain dan sinonim sepertinya juga akan membuka peluang lebih besar untuk masuk ke halaman depan mesin pencari. Fitur lain masih bisa diatasi dengan cara lain.

Sebagai informasi tambahan, Yoast juga mempunyai plugin tambahan lain yang terpisah dari Yoast SEO premium, yaitu:

  • Yoast News SEO ($69)
  • Yoast Woocommerce SEO ($49)
  • Yoast Video SEO ($69)
  • Yoast Local SEO ($69)

Untuk plugin Yoast gratisnya yang bisa kita download/install dari WordPress repository adalah Glue for Yoast SEO & AMP, plugin yang mengimplementasikan settingan dari Yoast SEO pada website versi AMP ( Accelerated Mobile Pages ).


SEO adalah hal yang sangat kompleks, dan plugin SEO seperti Yoast hanyalah salah satu komponen di dalamnya.

Perlu dicatat, dengan menggunakan plugin Yoast SEO Premium dan gratis tidak akan menjamin ranking yang lebih bagus. Menggunakan Yoast dengan baik dan benara akan membantu meningkatkan peluang rangking website atau artikel menjadi lebih baik.